Sabtu, 28 September 2013

TUGAS 1

Bagaimana kemajuan koperasi sejak pertama kali didirikan hingga saat ini? Hal-hal apa saja yang telah dicapai ?

Merutut pendapat saya , koperasi sangat berkembang baik di dunia maupun di Indonesia,  karena koperasi merupakan salah satu unit usaha ekonomi yang didasarkan atas asas kekeluargaan atau kebersamaan yang saat  ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Eksistensi koperasi sejak zaman dulu sampai sekarang telah banyak berperan dalam pembangunan khususnya di Indonesia dan umumnya di dunia.
Sebagai gerakan ekonomi rakyat yang menyatukan kaum ekonomi lemah, koperasi telah membantu membangun ekonomi negara – negara di dunia baik negara maju maupun negara berkembang.Bahkan sekarang koperasi di negara – negara maju tidak hanya sebagai unit ekonomi kecil lagi tetapi,sudah berkembang menjadi unit ekonomi yang besar, strategis dan punya daya saing dengan perusahaan – perusahaan skala besar.
Begitupun di Indonesia ,koperasi menjadi salah satu unit ekonomi yang punya peran besar dalam memakmurkan negara ini sejak zaman penjajahan sampai sekarang. Hanya saja perkembangan koperasi di Indonesia walaupun terbilang lumayan pesat tetapi pekembanganya tidak sepesat di negara – negara maju 
Pastinya banyak sekali pemikiran-pemikiran yang baik maupun tidak baik terhadap koperasi kita. Diawali dengan idealisme-idealisme yang di miliki oleh koperasi, sampai dengan bobroknya kondisi koperasi di Indonesia. Dimana sebenarnya kondisi koperasi saat ini masih sangat baik dijalankan di pedesaan, namun sebaliknya diperkotaan koperasi tidak lagi terlihat, yang terlihat hanyalah mini market-mini market yang menggurita di setiap jalan. Mini market tersebut adalah pesaing yang sangat berat bagi koperasi diperkotaan saat ini.

Hal-Hal Yang Telah Dicapai Koperasi Diantaranya:

1.       Telah mampu memenuhi kebutuhan anggota koperasi.
2.       Memberikan pinjaman kepada seluruh anggota koperasi dengan memberikan bunga yang cukup rendah jika dibandingkan dengan di bank pada umumnya.
3.       Berupaya untuk mensejahterakan seluruh anggota koperasi.
4.       Keuntungan yang di terima oleh koperasi dikembalikan kembali kepada anggota dalam bentuk deviden setiap tahunnya.
5.       Berupaya untuk membuka usaha kecil sesama antar anggota koperasi.
6.       Memberikan solusi jalan keluar kepada setiap anggota yang ingin memulai suatu usaha untuk meningkatkan taraf hidup yang diinginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Optimalisasi dan strategi pengelolaan Bank

Perbankan mempunyai kebijakan untuk melakukan: a.        Konservatif b.       Moderate c.        Ekspansif à ekspansif mengakibatk...